Rabu, 13 Oktober 2010

Pengalaman sewaktu SD

Saya sudiarni, saya SD di 033 tameran-bengkalis,sbnarnya tak banyak yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman waktu saya SD, karna sudah banyak yang lupa.tetapi ada beberapa pengalaman yang betul-betul masih saya ingat sampai sekarang. saat saya SD kelas 2, telinga saya pernah dijewer sama ibu guru bahasa indonesia, karena belum lancar membaca, bahkan tidak hanya djewer saja tetapi di hukum dan dsuruh berdiri didepan kelas.selain itu juga saya pernah dimarah dan dhukum juga sama guru karna saya sembunyi dan manjat dipohon yang ada di depan SD, karna tak masuk pelajaran matematika waktu SD saya paling benci dengan pelajaran matematika,sebab waktu itu saya pernah dapat merah dengan pelajaran tersebut,makanya sampai sekarang saya tidak menyukai mata pelajaran matematika.rasanya pengalaman ini sangat-sangat membuat saya ingat pada masa-masa SD, pengalman yang takkan pernah terlupakan sewaktu SD.

2 komentar:

RPP pkn fungsi dan sifat pers

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Kelas/Semester : XII/6

Pertemuan ke : 1 s.d. 3

Alokasi Waktu : 6 X 45 menit

Standar Kompetensi : Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi

Kompetensi Dasar : 1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

3. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

Indikator : 1. Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis

2. Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

3. Mendeskripsikan kode etik jurnalistik

4. Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

5. Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers

6. Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

7. Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah berdiskusi siswa dapat :

  1. Siswa dapat menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
  2. Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  3. Siswa dapat mendeskripsikan kode etik jurnalistik
  4. Siswa dapat menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  5. Siswa dapat menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
  6. Siswa dapat menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.
  7. Siswa dapat menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

II. Materi Ajar :

Pertemuan 1 :

  1. Pengertian pers
  2. Fungsi pers
  3. Peranan Pers
  4. perkembangan pers di Indonesia

Pertemuan 2 :

  1. Kode etik Jurnalistik
  2. Upaya-upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

Pertemuan 3 :

  1. Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa
  2. Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.

III. . 1. Model Pembelajaran : Kooperatif Informal

2. Strategi/metode pembelajaran : a. Diskusi

b. Presentasi

c. Penugasan

IV. Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan 1

a. Kegiatan awal : 1. Apersepsi

2. Menyampaikan tujuan kompetensi dan cakupan materi yang akan dipelajari

3. Menyampaikan aturan penilaian ketuntasan belajar

b. Kegiatan inti : Explorasi

o Siswa membaca pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia

o Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru

Elaborasi

o Siswa berdiskusi tentang pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia

o Mempresentasikan hasil diskusi

Konfirmasi

o Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap materi yang telah di pelajari siswa

o Meminta siswa untuk merefleksi atas pembelajaran yang telah dialaminya

c. Kegiatan akhir : 1. Bersama siswa membuat rangkuman

2. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2

a. Kegiatan awal : 1. Apersepsi

2. Menyampaikan tujuan dan cakupan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang bersangkutan

3. Menanyakan materi sebelumnya

b. Kegiatan inti : Explorasi

o Mempelajari modul Peranan Pers di Indonesia

o Berkelompok sesuai dengan instruksi guru

Elaborasi

o Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi kode etik jurnalistik dan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers

o Guru memfasilitasi siswa dalam berdiskusi

Konfirmasi

o Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan

c. Kegiatan akhir : 1. Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran

2. Tanya jawab

3. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 3

a. Kegiatan awal : 1. Apersepsi

2. Menyampaikan tujuan dan cakupan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang bersangkutan

3. Menanyakan materi sebelumnya

b. Kegiatan inti : Explorasi

o Mempelajari modul Peranan Pers di Indonesia

o Berkelompok sesuai dengan instruksi guru

o Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempersiapkan diri, guna presentasi atas materi yang telah didiskusikan sebelumnya

Elaborasi

o Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan pers dalam kehidupan sehari-hari dan dampaknya jika terjadi penyalahgunaan pers/ media massa

o Guru memfasilitasi siswa dalam berdiskusi

o Presentasi kelompok diskusi, dan kelompok lain memberikan tanggapan/pertanyaan

Konfirmasi

o Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan

c. Kegiatan akhir : 1. Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran

2. Tanya jawab

3. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

V. Bahan/alat/Sumber belajar

· Papan tulis, spidol

· Komputer

· Hand out materi pembelajaran

· Modul Peranan Pers di Indonesia

· Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian

1. Soal (Terlampir)

a. Jenis tes : Tulis

b. Bentuk : Uraian

c. Jumlah soal : 6 item

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

  1. Jelaskan yang Anda ketahui tentang makna pers dalam kehidupan masyarakat demokratis!
  2. Salah satu karakteristik pers adalah adanya kebebasan yang bertanggung jawab, berikan alasan mengapa demikian!
  3. Beri penjelasan singkat perbandingan sistem dan kemerdekaan pers pada negara barat dengan negara berkembang pada umumnya!
  4. Berikan contoh sekurang-kurangnya 3 (tiga) dampak positif kelahiran era reformasi dengan kebebasan pers di Indonesia!
  5. Beri penjelasan perbedaan yang mendasar antara sifat pers pada negara yang berfalsafah demokrasi liberal dengan komunis!
  6. Jelaskan apa yang dimaksud bahwa pers memiliki fungsi pendidik dan penghubung!

2. Pedoman penilaian

No Soal

Score maksimal

Keterangan

1

1,5


2

1


3

1,5


4

2,5

Masing-masing item benar score 0,5

5

2

Masing-masing item benar score 0,5

6

1,5


Total score

10


Nilai akhir adalah = Perolehan score dibagi score maximal di kali 10.

Pekanbaru, Oktober 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran